Kenapa Bahasa Inggris Menjadi Bahasa Internasional?

Kenapa Bahasa Inggris Menjadi Bahasa Internasional?
Kenapa Bahasa Inggris Menjadi Bahasa Internasional?


Lengkap Sih -Pernahkah kalian bertanya kenapa bahasa inggris menjadi bahasa internasional? Sebelum dijawab mari kita simak beberapa hal yang akan mendukung penjelasan dalam artikel ini supaya kalian tahu kenapa sih bahasa inggris? Bahasa merupakan sebuah kemampuan manusia untuk dapat berkomunikasi dengan makhluk lainnya. Bahasa ini dapat merupakan suara dan gerakkan. Perkiraan bahasa di dunia ada sekitar 6.000 - 7.000 bahasa. Bahasa manusia unik karena memiliki produktivitas,rekursif,,dan pergeseran. Bahasa diperkirakan telah digunakan dari zaman dahulu kala sebagai alat komunikasi antar primata kala itu. Bahasa yang digunakan dunia sekarang tergolong pada keluarga Indo-Eropa. Termasuk di dalamnya adalah bahasa seperti Inggris, Spanyol, Portugis, Rusia, dan Hindi; Bahasa Sino-Tibet, yang melingkupi Bahasa Mandarin, Cantonese, dan banyak lainnya; Rumpun bahasa Afro-Asiatik yang melingkupi Arab, Amhar, Somali, dan Hebrew; dan bahasa Bantu, yang melingkupi Swahili, Zulu, Shona, dan ratusan bahasa lain yang digunakan di Afrika. Konsensusnya adalah antara 50–90% bahasa yang digunakan sejak awal abad ke-21 kemungkinan akan punah pada tahun 2100.

Diantara ribuan bahasa yang ada di dunia,bahasa yang kita ketahui sebagai bahasa Internasional adalah bahasa Inggris. Namun,pernahkah kalian bertanya-tanya,mengapa bahasa Inggris menjadi bahasa Internasional? Kali ini,LengkapSih akan membahas hal tersebut.

KENAPA BAHASA INGGRIS MENJADI BAHASA INTERNASIONAL?

  1. BAHASA INGGRIS MERUPAKAN BAHASA TERTUA.
    Tahukah kalian,bahwa bahasa inggris sudah ada sejak abad ke-8? Ya,hal ini membuat bahasa inggris termasuk kedalam barisan bahasa tertua yang ada di dunia. 
  2. PERKEMBANGAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS YANG SANGAT CEPAT.
    Menurut riset study Harvard,perkembangan kosakata bahasa inggris berkisar 8500 kosakata/pertahun. Total,sudah ada sekitar 1.022.000 kosakata dalam bahasa inggris,jauh perbandingannya dengan kosakata yang ada di bahasa Indonesia, yang hanya berkisar 91.000 kosakata.
  3. NEGARA-NEGARA BERBAHASA INGGRIS YANG MAJU.
    Dapat diketahui,bahwa negara-negara yang menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa utama mereka merupakan negara-negara yang maju. Baik dalam teknologi,ekonomi dan bidang-bidang lainnya. Hal ini tentunya membuat bahasa Inggris semakin mudah meluas.
  4. JAJAHAN NEGARA INGGRIS YANG JUMLAH NYA BANYAK.
    Dilansir dari Wikipedia, ada sekitar 94 negara yang sudah/ada dalam penjajahan Inggris,termasuk teritorinya. Oleh karena itu,bahasa Inggris menjadi sangat familiar bagi banyak negara-negara di dunia.
  5. AMERIKA SEBAGAI NEGARA SUPERPOWER.
    Sebagai negara yang menggunakan bahasa Inggris,Amerika juga sebagai negara superpower pada abad ke-20 ini. Negara ini juga dijuluki 'Negara Imigran'.Banyak sekali imigran-imigran yang mendiam di Amerika,yang otomatis mereka harus menggunakan bahasa orang-orang disana yaitu Inggris. Hal ini membuat orang-orang banyak menggunakan bahasa Inggris.
Sebenarnya masih banyak hal-hal yang menjadi alasan Kenapa Bahasa Inggris menjadi bahasa internasional. Namun saya cukupkan sekian karena keterbatasan pengetahuan saya dalam bidang ini. Semoga artikel saya ini dapat bermanfaat dan memperluas pengetahuan pembaca dalam bidang bahasa. Semoga pembaca juga tidak akan segan untuk menekan tombol Share yang ada pada artikel ini. Sekian,Terimakasih!.

0 Response to "Kenapa Bahasa Inggris Menjadi Bahasa Internasional?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel