Fungsi Resensi Dari Subjek Penggunaannya | Resensi Karya Bahasa Indonesia

Fungsi Resensi Dari Subjek Penggunaannya | Resensi Karya Bahasa Indonesia

Fungsi Resensi Dari Subjek Penggunaannya | Resensi Karya Bahasa Indonesia


Lengkap Sih. - Teman-teman bahasa disini pasti pernah dong membaca novel ya. Nah dalam sastra,ada sebuah hal yang dinamai ulasan novel atau yang biasa kita sebut dengan resensi. Biasanya resensi atau mengulas novel ini dilakukan ketika kita selesai membaca sebuah novel.

Resensi adalah kegiatan pertimbangan berupa tanggapan terhadap berbagai hal dalam novel, baik dari segi isi maupun unsur kebahasaannya.

Nah,ketika mempelajari tentang resensi ini,kita pasti dihadapkan pada sebuah pertanyaan yang sangat umum muncul di otak kita yaitu, Apa itu fungsi resensi?

Memang untuk menjawab pertanyaan tersebut diperlukan sebuah uraian. Karena resensi bukanlah sebuah hal yang memiliki fungsi bagi satu individu atau kelompok saja,namun melibatkan banyak pihak di dalamnya.

Ada empat fungsi resensi dilihat dari subjek penggunaanya,yaitu : Fungsi resensi bagi penulis,Fungsi resensi bagi penerbit,Fungsi resensi bagi penerbit media massa,Fungsi resensi bagi pembaca. Nah dibawah ini akan dijelaskan satu persatu pengertian dari masing-masing fungsi tersebut.

FUNGSI RESENSI

Jika dikelompokkan dari subjek penggunaannya,resensi dibagi menjadi empat fungsi,yaitu sebagai berikut :

Fungsi resensi bagi penulis buku

Yaitu sebagai sebuah umpan balik atau feedback untuk menghasilkan karya yang lebih baik juga berkualitas. Hal ini berkaitan erat dengan isi resensi yang mengandung saran dan pemaparan kualitas karya yang diresensi.

Fungsi resensi bagi penerbit

Yaitu sebagai sarana promosi karya yang diresensi karena pada resensi tersebut terdapat pemaparan kualitas karya.

Fungsi resensi bagi penerbit media massa

Resensi merupakan berita yang khas dan memberikan informasi yang cermat,teliti,memadai,dan menarik pembaca. Adanya kolom resensi dapat menjadi daya tarik bagi media massa tersebut.

Fungsi resensi bagi pembaca

Nah fungsi resensi bagi pembaca ini dibagi menjadi dua bagian yaitu fungsi bagi pembaca khusus dan fungsi bagi pembaca umum. Bagi pembaca khusus, resensi dapat dijadikan media dalam menguji atau mengembangkan suatu topik. Sementara bagi pembaca umum,resensi dapat dijadikan sebagai sumber informasi untuk mengetahui kualitas sebuah buku atau karya.

Menurut Samad (1997:2) resensi dilihat dari dua segi,yaitu segi peresensi dan pembaca.

Dari segi peresensi

Manfaat resensi buku adalah memberikan informasi atau pemahaman yang komprehensif tentang hal yang tampak dan terungkap dalam sebuah buku. Secara tidak langsung,peresensi mengajak pembaca untuk memikirkan,merenungkan,dan mendiskusikan lebih jauh fenomena atau masalah yang muncul dalam sebuah buku.

Dari segi pembaca

Fungsi resensi di antaranya memberi pertimbangan apakah sebuah buku pantas untuk dibaca atau dimiliki,menjawab pertanyaan yang timbul ketika melihat buku baru terbut,mendapat bimbingan dalam memilih buku, dan mendapat indormasi dengan mengandalkan resensi jika tidak ada waktu untuk membaca bukunya.

0 Response to "Fungsi Resensi Dari Subjek Penggunaannya | Resensi Karya Bahasa Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel