Kalimat Suggestion Bahasa Inggris | Pengertian Contoh Kalimat juga Dialog Beserta Artinya

Kalimat Suggestion Bahasa Inggris
Kalimat Suggestion Bahasa Inggris


Lengkap Sih - Kali ini kita akan belajar mengenai kalimat suggestion bahasa inggris. Jika diartikan secara singkat Suggestion berarti sebuah saran atau yang dalam bahasa inggris disebut advice. Jadi dapat di artikan bahwa kalimat Suggestion adalah kalimat yang berisi saran kepada orang yang dituju / target. Suggestion/saran ini juga dapat diterima ataupun ditolak.

Kalimat Suggestion ini juga biasanya dipakai untuk Planning Something yang berarti merencanakan sesuatu.

Materi mengenai suggestion ini,meskipun kelihatannya simple dan juga basic, namun kadang kita masih sering bingung bahkan salah ketika menggunakan jenis kalimat ini.

Nah,untuk teman-teman yang belum tahu,ternyata kalimat suggestion ini dibagi menjadi dua bagian loh,yaitu

Jenis Suggestion

  • Asking Suggestion
  • Giving Suggestion
Meski berbeda nama,keduanya sama-sama mengandung kata suggest/saran kok. Jadi teman-teman tidak perlu khawatir akan kebingungan ketika belajar materi ini. Nah,untuk penjelasan dari kedua jenis suggestion ini,silahkan baca lengkapnya dibawah ini ya.

Pengertian Kalimat Suggestion

Asking Suggestion
Asking yang berarti meminta dan suggestion berarti saran. Jenis pertama ini adalah jenis dimana dalam kalimatnya,si pembicara meminta saran kepada lawan yang di ajak bicara.
Giving Suggestion
Berarti kita sebagai pembicara harus memberikan sebuah saran kepada lawan bicara.
Dalam kalimat suggestion ini,biasanya ada beberapa ungkapan yang sering digunakan. Masing-masing jenis kalimat suggestion juga memiliki ungkapan yang berbeda,mari simak ulasan berikut.

Ungkapan-Ungkapan Dalam Kalimat Suggestion


Asking Suggestion (Meminta Saran)

  1. What do you recommend? (Apa yang kamu sarankan?)
  2. Please tell me what should i do (Tolong katakan kepadaku apa yang harus aku lakukan)
  3. Do you have any ideas? (Apakah kamu memiliki ide?)
  4. Do you have any advice? (Apakah kamu memiliki saran?)
  5. What should i do? (Apa yang harus aku lakukan?)
Giving Suggestion (Memberi Saran)
  1. You should . . . (Kamu harus. . . .) 
  2. You had better . . . (Kamu sebaiknya . . .)
  3. I advise you . . . (Saya menyarankan kamu . . .) 
  4. I suggest you to . . . (Saya menyarankan kamu untuk . . .)
  5. I recommend you to (Saya anjurkan kamu untuk . . .)
Sebenarnya masih banyak lagi ungkapan-ungkapan yang biasa digunakan dalam suggestion. Namun,akan menjadi berberlit dan terlalu panjang artikel ini apabila disebutkan semuanya. Jadi,saya rasa masing-masing 5 contoh ungkapan saja sudah cukup membuat anda paham.

Setelah penjelasan-penjelasan singkat tadi,terakhir ada contoh percakapan menggunakan kalimat suggestion,mari simak!

Contoh Percakapan Dengan Kalimat Suggestion 


Beny : Hei Anton, why do you look so sad? (Hai Anton, mengapa kamu terlihat sedih?).

Anton : I have a serious problem today. I have just lost my wallet. (Saya memiliki masalah yang serius hari ini. Saya baru saja kehilangan dompet saya).

Beny : Really? Where did you lose it? (Benarkah? Dimana kamu kehilangan dompetmu?).

Anton : Hmm… Maybe in the park. (Hmm… Mungkin di taman).

Beny : I think you should be more careful with your belongings. (Saya rasa kamu sebaiknya lebih berhati – hati dengan barang-barangmu).

Anton : Yeah, I think so. This is my fault. (Ya saya rasa juga begitu. Ini salah saya).

Beny : Don’t be sad Anton. I hope you can find it really soon. (Jangan bersedih Anton. Saya harap kamu dapat menemukannya dengan segera).

Anton : Thank you Beny. Do you have any suggestion for me? (Terima kasih Beny. Apakah kamu memiliki saran untukku?).

Beny : If I may suggest, you should go to the park and look for it more detail. (Jika saya boleh menyarankan, kamu sebaiknya pergi ke taman dan mencarinya lebih detail lagi).

Anton : I have looked for it for hours but I did not find it. Do you have another suggestion? (Saya sudah mencarinya selama beberapa jam tetapi saya tidak menemukannya. Apakah kamu memiliki saran lain?).

Beny : Hmm… You would better tell the securities to help you to find it and also announce it to the visitors. (Hmm… Kamu sebaiknya memberitahu pihak keamanan untuk membantumu menemukannya dan juga mengumumkannya kepada para pengunjung).

Anton : Yeah you are right. I will try it. Thank you for your suggestions. (Ya, kamu benar. Saya akan mencobanya. Terima kasih atas saran-saranmu).

Beny : You are welcome Anton. Next time, it is better for you to keep your important stuffs in a safe place. (Terima kasih kembali Anton. Lain kali, sebaiknya kamu menaruh barang-barang pentingmu pada sebuah tempat yang aman). 
 
Anton : Certainly Ben. (Tentunya Ben).

Sumber contoh : https://www.englishcafe.co.id/percakapan-bahasa-inggris-menggunakan-expression-of-asking-and-giving-suggestion/

Nah,untuk kalian yang menyukai berita-berita terbaru menarik dari dalam maupun luar negeri,mari cek salah satu blog keren yang menyediakan artikel-artikel berita terbaru ini www.eksisyuk.com

0 Response to "Kalimat Suggestion Bahasa Inggris | Pengertian Contoh Kalimat juga Dialog Beserta Artinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel